Thursday, April 9, 2020

Wedding Journey: Maharani Catering & Wedding Service


Tulisan ini merupakan kelanjutan dari cerita sebelumnya.

Setelah merasa kurang sreg dengan vendor pertama (Mardika Catering), akhirnya pada Sabtu malam 7 September 2019, aku dan keluarga (mama, papa, adik) pergi ke Masjid Al-Muhajirin Bekasi untuk Test Food dan mencari informasi di sana. Setibanya di sana, kami pun bertemu dengan Pak Rohman, pemilik Maharani Catering, dan dipersilakan untuk mencoba menu yang hari itu disajikan untuk acara pernikahan yang sedang diselenggarakan.



Aku hanya mencoba chocolate melted, sisanya aku serahkan ke mama, papa, dan adik untuk mencoba. Menurut mama dan adik, makanan yang disajikan enak walaupun hanya mencoba sedikit. Setelah ngobrol sedikit dengan Pak Rohman, kami pun diperkenalkan dengan Mas Syamsul, tim marketing Maharani. Kami pun mendapatkan info yang cukup jelas mulai dari paket dan harga hingga berkenalan dengan MC dan vendor Rias Pengantin yang juga stand by di Test Food.

Jika menggunakan Maharani dengan paket All-in Wedding Service 1000 orang, aku sudah mendapatkan:
- Catering 1000 porsi + makanan untuk di akad 150 porsi + bonus lainnya
- Dekorasi (include backdrop photo)
- Rias & Busana Pengantin (Akad & Resepsi), Orang Tua, 6 Pasang Among Tamu, 4 Penerima Tamu
- Dokumentasi
- Organ Tunggal
- MC Akad & Wedding
- Gedung (Jika sudah booking/ taruh nama, sisanya pihak Maharani yang akan mengurus pembayaran)
- Ada hadiah bonus juga untuk acara lempar bunga
- Buku Tamu + Kotak Angpau (Dipinjamkan)
- Prosesi Adat (Tari-Tarian)

Yang aku urus sendiri/ tidak termasuk paket:
- Jasa Photobooth unlimited
- Jasa Wedding Organizer (Hari H)
- Souvenir
- Undangan
- Hadroh untuk menyambut keluarga laki-laki saat prosesi akad
Noted: aku tidak pakai LCD Proyektor tambahan. Menurutku: tamu jadi lebih fokus ke acara, karena acaraku juga ada hiburan dari teman2.

Akhirnya aku dan keluarga pun memutuskan untuk pakai Jasa Maharani Catering saja. Malam itu, kami langsung DP 2 juta untuk booking tanggal.


Selanjutnya, aku persingkat aja ya:


Maharani Catering

Setiap hari aku selalu cek akun IG Maharani untuk melihat update terbaru. Mulai dari referensi dekor, catering, pelayanan, testimoni, pokoknya aku amatin terus. Aku ga punya waktu untuk test food lagi atau mengunjungi acara pernikahan lain yang diadakan oleh Maharani karena terlalu sibuk. Makanya, aku rajin cek akun IG Maharani Catering.

Bisa dibilang kalau aku ga terlalu rewel untuk kontak vendor. Aku ga banyak request ke Mas Syamsul tapi dari awal aku sudah menyampaikan keinginan dengan jelas, yaitu resepsi dengan adat betawi kolonial dengan dekorasi putih mix gold atau warna lain yang senada (tidak terlalu tabrak warna).

Fiksasi petintilan warna, ornamen dekorasi, menu catering pun dilakukan H-2 minggu sebelum acara. Anwy, aku juga baru bayar pelunasan tepat H-1 bulan. Selain DP 2 juta di awal, aku hanya menambahkan pembayaran sekitar 5juta, agar pihak Maharani bisa membayar DP gedung yang sudah aku booking sebelumnya. Jadi, sisanya baru dilunasi H-1 bulan, tidak dicicil bertahap. Papaku bilang, tujuannya adalah jika ada kendala atau hal buruk yang terjadi, setidaknya kita bisa meminimalisir kerugian. Mungkin bisa diterapkan juga oleh teman-teman jika pihak vendor yang kamu pilih punya deadline pembayaran yang cukup lenggang, silakan dilunasi pada tanggal deadline tersebut.





Chandra Roemah Manten/ Chandra Rias Pengantin
Maharani Catering juga bekerjasama dengan sanggar rias lain, seperti: Chandra Rias Pengantin, Griya Aristy/ RG Sanggar Rias/ Dluvisa/ Lgalerry/ Roemah Manten Veny, tapi akhirnya aku memutuskan untuk memakai Chandra Rias Pengantin/ Chandra Roemah Manten.

Akad menggunakan rias dan busana adat Madura lilin, sedangkan resepsi menggunakan rias dan busana adat Betawi. Cerita lengkapnya sudah aku tulis di sini: Wedding Journey: Rias Pengantin Madura Lilin dan Betawi Modern.






Dokumentasi: maKing Story

Awalnya aku bingung dan dilema karena kalau ga ambil paket cashbacknya sedikit sekali. Jasa fotografer wedding yang ditawarkan ada beberapa sih, yaitu: Studio Kencana, Nusa Studio, Serenity Photoworks. Ga ada yg terlalu aku suka sih, tapi akhirnya aku bilang kayaknya Studio Kencana aja.

Pas hari H sih aku liat Mas Chandra dari sanggar rias juga akrab dengan fotografernya. Aku kira memang tim Studio Kencana, tapi ternyata yang hadir adalah tim maKing Story Pas liat hasil foto dan videonya, aku suka banget dengan tone warna editing nya. Karena dari awal memang ga sreg dengan Studio Kencana (tapi kata tim Maharani, SK ini favorit dan pengalamannya banyak). Tapi kalau versi selera aku, yaaaa cocok banget dengan hasil-hasil foto tim maKing Story (pun setelah liat hasil foto prewed/ wedding pasangan lain).

Jadi pas terima hasil foto dan videonya merasa terharu karena bagus banget.





Musik Organ Tunggal

Organ tunggal V2entertainment19

Oh iya, untuk musik aku dengan tegas melarang orang buat sumbang lagu/nyanyi. Hal ini sudah aku sampaikan ke tim Maharani dan WO dari technical meeting. Karena aku ga mau ada yang nyanyi ngasal/ tiba-tiba nyanyi dangdut/ nyanyi lagu yang liriknya ternyata sedih/ selingkuh etc (sering banget ngeliat yang kayak gini dan aku pun dengernya kayak "Hah? seriously? ini hari bahagia orang terus kalian nyanyi lagu tentang selingkuh?). BIG NO. Aku ga bisa kontrol orang lain nyanyi lagu apa, jadi mendingan aku kasih larangan sejak awal. Toh, ini acara aku bukan acara mereka.

Anyway, kamu bisa aja kalau mau akustik/ fullband atau dengan sexophone, dengan syarat upgrade biaya. Awalnya aku pengen akustik, tapi dengan berbagai pertimbangan akhirnya aku pilih OT saja, toh ga jauh berbeda karena sifatnya hanya musik hiburan pengiring.






MC

Untuk MC juga aku serahkan ke Maharani Catering karena mereka juga punya MC partner yang selalu digunakan disetiap acara. Ga mau ide MC sendiri juga, karena belum tentu MC lain sudah familiar membawakan acara akad dan resepsi.

Menurutku MC nya bagus, pembawaannya menarik dan seru + goodlooking juga. Jika acara akad dan nikah menggunakan adat, MC juga akan mengenakan baju adat/ jas yang sesuai dengan adat yang digunakan.




Kurang lebih yang aku dapatkan dari Maharani seperti itu. Pokoknya ga terlalu ribet. Karena hampir semuanya sudah all-in.

Prinsipku: ga mau ribet dan percaya. Tapi jangan lupa, rajin follow up dan tanya progres biar ga gambling. Untuk hal ini, bukan hanya aku yang kontak Mas Syamsul, tapi papa juga khususnya untuk perihal pembayaran langsung dihubungi oleh papa.

Untuk vendor/ pelengkap tambahan yang tidak termasuk dalam paket akan aku tulis di postingan terpisah ya.



Regards,
CYNDA

1 comment:

ghd platinum+ si Smart Styler dengan Zona Ultra

Produk styling rambut punya banyak variasi, tapi tentunya ada banyak keunggulan tersendiri. Salah satunya produk styler dari ghd yang dise...