REVIEW: Wave Setting di Choayo Salon Alam Sutera


Tanpa basa-basi, yuk, kita langsung aja!

Tentang Choayo Salon
Berdasarkan info dari ngobrol-ngobrol dengan hairdreesser di Choayo Salon, ternyata Choayo awalnya hadir sebagai cabang ke-3 dari Ando & Yun Salon, sebuah salon rambut Korea terkenal di Jakarta. Namun, akhirnya Choayo pecah dan berdiri sendiri (berbeda owner dengan Ando & Yun). Tapi jangan khawatir, seluruh hairdresser di Choayo semuanya berasal dari Ando & Yun juga dan di training langsung oleh Mr. Ando & Mr. Yun agar mengerti treatment rambut ala Korea.




Perbedaannya:
- Ando & Yun: memiliki minimal 1 stylist orang Korea di setiap cabang
- Choayo Salon: tidak ada. Tapi semua stylist/ hairdresser nya udah di training langsung.

Lokasi Choayo Salon:

Ruko Jalur Sutra 31A no:8 Alam Sutra, Pakualam, North Serpong, South Tangerang City, Banten 15325


REVIEW: WAVE SETTING TREATMENT

Bertepatan beberapa hari setelah resign, aku mendapatkan tawaran untuk mengulas Chaoyo Salon. Treatmentnya boleh pilih sesuai yang aku mau atau yang aku butuhkan. Kebetulan rambut aku sedang panjang-panjangnya, ada niat untuk potong rambut tapi belum sempat.

Selain potong rambut aku juga memilih wave setting. Jangan salah, sebelum memilih wave setting aku sempat galau dan agak bingung juga perbedaan antara "korean perm" dan "wave setting". Aku berulang kali melihat seluruh postingan IG Choayo Salon, baca-baca tentang ulasannya di blog orang lain, bahkan aku nonton IG Story-nya satu-satu. Dilema banget. Akhirnya aku memantapkan diri dengan memilih wave setting.

Hari H pun tiba.

Untuk mencapai Choayo Salon ternyata aku harus menempuh jarak yang cukup (lumayan) jauh. Karena aku dari Jati Sari, Bekasi. Singkatnya, aku nebeng dengan papaku berangkat kantor sampai di daerah kuningan, Jak-Sel. Lalu aku naik GrabCar menuju stasiun palmerah. Dari stasiun palmerah, aku naik kereta jalur Serpong, dan turun di stasiun Rawa Buntu. Lanjut lagi deh ke Choayo Salon naik GrabCar.




Aku tiba di Choayo tepat jam 10.05. Terlihat dari luar, Choayo Salon ini punya interior clean dan terlihat nyaman. Aku disambut dengan baik dan ramah oleh para hairstylist di sini. Karena masih pagi dan sepi, jadi aku langsung dipersilakan duduk untuk langsung di treatment. Sebelum itu, rambutku di foto dulu agar terlihat perubahan sebelum&sesudah treatment.




Saat itu hairstylist yang menanganiku adalah Mas Amin dan dibantu oleh Mas Wahyu sebagai asistennya. Karena step-stepnya agak panjang, aku bikin dengan urutan nomor ya!

HAIR CUT SESSION
1. Diskusi tentang model rambut yang diinginkan
Komunikasi berjalan 2 arah, karena dari Mas Amin juga memberikan saran model rambut yang sesuai denganku

2. Cuci Rambut
Keramas seperti biasa, seperti di salon pada umumnya.




3. Potong Rambut
Sebelum mulai, Mas Amin ternyata makesure lagi untuk model rambut yang aku inginkan. Awalnya potongan rambutku adalah lurus rata, tapi menurut Mas Amin, karena akan di wave setting akan lebih bagus kalau potong layer supaya lebih bagus.
Aku juga menyampaikan niatku untuk bikin poni tipis ala cewek2 korea. (sebelumnya aku juga selalu minta potong seperti ini, tp menurut Mas Amin ternyata poniku sebelumnya masih terlalu tebal)
4. Cut-Cut
Aku lumayan cukup sering dan taulah seberapa lama sih potong rambut. Nah, tapi Mas Amin ini ternyata cukup cepat loh memotong rambutnya. Aku sendiri agak takjub, dan ga terlalu ribet yang harus jepit sana-sini sampe heboh gitu. Beda teknik ternyata sengaruh itu ya.
5. Pengeringan rambut
Rambutku dikeringkan 90% dengan hairdryer. Tidak di-blow karena lanjut treatment wave setting.





Wave Setting Session:

Wave setting itu apa sih?
Gaya rambut keriting atau wave natural memang masih digemari dan sering banget digunakan oleh para aktris ataupun penyanyi k-pop korea. Sayangnya, saya, kamu, kalian, atau para perempuan lain di luar sana pasti ga punya banyak waktu kan untuk melakukan rutinitas catokan setiap hari? Oleh karena itu, Wave Setting hadir untuk menjawab masalah para perempuan.

Konsepnya sama seperti keriting rambut, tapi teknologi yang digunakan tentunya berbeda karena Choayo Salon memberikan klaim bahwa teknologi pengeritingan rambut ala Korea ini tidak akan membuat rambut menjadi rusak.

Yang perlu diperhatikan sebelum melakukan wave setting:
- rambut tidak di-bleaching/ smoothing
- jika pernah, pastingan rambutmu sudah hilang (alias panjang-potong-panjang-potong)
- jika masih ada sisa rambut yang terkena proses kimia, kamu bisa konsultasi dulu dan diberikan treatment terlebih dahulu.
Kenapa? jika sudah terkena bahan kimia, wave setting tentu tidak akan bagus karena obat yang diberikan tidak dapat bekerja maksimal.


WAVE SETTING STEP:
1. Rambut dicuci dan dibersihkan dengan shampo dan kondisioner
Sudah dilakukan sebelum potong rambut.
2. Rambut dikeringkan 90% dan diberi vitamin rambut (1)
3. Diberi vitamin rambut (2) dan pengeringan rambut 100%
4. Pemberian obat pengeriting rambut (didiamkan 30 menit)
Poni tipisku diberikan obat juga, tapi bukan untuk dikeriting, tujuannya supaya poni lebih nurut dan lebih nempel ke kepala, bukan yang ngangkat dan terbang2 pada bagian akarnya. (Bahasa gampangnya, biar poni lebih jatoh). Sisanya aplikasi dengan fokus utama pada bagian tengah ke ujung rambut yang ingin dikeriting.
Seperti obat rambut pada umumnya, aromanya cukup menyengat. Ada sensasi dingin saat dioleskan (jika mengenai bagian kulit kepala). Lalu didiamkan hingga obat menyerap sepenuhnya ke seluruh batang rambut.



5. Bilas hingga bersih dan dikeringkan

6. Penggulungan rambut dengan teknologi heating
Rambut digulung menjadi 18 bagian gulungan (jumlahnya tergantung ketebalan rambut), setelah selesai digulung, setiap gulungan diberi aliran listrik dengan kabel yang disambungkan ke mesin heating. Oh iya, saat akan digulung, Mas Amin dan Mas Wahyu menyarankan untuk  memilih jenis double S Curl supaya lebih bertahan lama. Saat proses heating lumayan agak terasa hangat sampe ke area leher sih, tapi ga panas karena diantisipasi alias diganjal dengan rol dan kain. Proses heating-nya berjalan selama 20 menit dan mesin akan bunyi ketika sudah selesai.

Lalu masih dengan alat yang sama, gulungan rambut didinginkan sampai benar-benar dingin (sekitar 20-30menit) supaya hasilnya bagus.






Takut nyetrum ga sih?


7. Neutralizer
Hasil gulungan dilepas dan.... taraaaa super curl! Kaget! Hahaha. Tapi ini bukan hasil akhir karena rambut akan diberi neutralizer dan jenis gulungannya diganti terlebih dahulu. Pemberian neutralizer nya ini kurang lebih sekitar 10 menit.


kok gini? (part 1)
kok gini? (part 2)

proses penggulungan ulang untuk diberikan neutralizer

Yok, semangat yok! Dikit lagi

8. Rambut dibilas dan dikeringkan
Pembilasan dilakukan tanpa sampo tapi diberikan barrier treatment, supaya hasilnya bertahan lama. Rambut dikeringkan sambil di styling. Pada tahap ini aku bener-bener memperhatikan cara Mas Amin dan Mas Wahyu men-styling rambut. Aku juga banyak tanya supaya wave setting ini bertahan lama.

Ini dia hasilnya!



Honestly, aku suka banget dengan hasilnya yang natural dan sesuai bayanganku. Effortless curly banget. Rambutku juga tetap sehat, ga kering dan kaku.


Noted after wave setting:

- Tidak boleh keramas 2 hari ke depan
- bagian atas yg lurus boleh disisir pakai sisir biasa
- bagian wave disisir pakai jari
- cukup hairdryer bagian kulit kepala aja, bagian wave boleh tapi sambil di-styling

Harga Wave Setting di Choayo Salon:
Range harga start 3 jutaan (tergantung jenis dan panjang rambutmu).
Mungkin terdengar pricey, tapi dengan hasil yang sesuai dan kondisi rambut yang tetap sehat menurutku layak buat kamu coba. Bisa mengirit waktu untuk catokan setiap hari.




Hari 1 - Hari 2 - Hari 3
Hari 3 males nyisir dan lepek karena belum bisa keramas selama 2 hari setelah treatment




Pricelist




Regards,
CYNDA

Comments

Popular posts from this blog

REVIEW: Dear Me Perfect Matte Lipcoat - The Nude Collection

[REVIEW] Wardah Aloe Hydramild Facial Wash