Thursday, November 29, 2018

REVIEW: RISTRA Kosmetik untuk Perempuan Kulit Tropis


Siapa sih orang yang pertama kali kamu idolakan? Kalo aku sih, pastinya mama. Mama tuh perempuan dengan banyak talenta dan selalu berusaha menjadi orang tua terbaik untuk anak-anaknya. Waktu kecil, pengen banget tampil cantik seperti mama yang selalu menginspirasi seperti brand kosmetik Ristra Cosmetodermatology yang sudah hadir untuk perempuan Indonesia selama bertahun-tahun.

Sekitar 2 minggu terakhir, aku mencoba rangkaian makeup dari Ristra. Aku baru cobain untuk pertama kalinya. Penasaran?



Hidup di Indonesia yang hanya memiliki 2 musim (kemarau dan penghujan) bukan berarti jauh dari berbagai permasalahan kulit. Faktanya, kulit juga bisa bermasalah karena beberapa faktor seperti: intensitas matahari yang tinggi, udara panas dan lembap serta debu dan polusi tinggi.

Menggunakan beragam rangkaian produk perawatan kulit tentunya sudah mulai diterapkan. Nah, yang sering disalah artikan adalah: menggunakan skincare = bebas menggunakan makeup apapun. Ngaku deh, pasti kamu sering berpikir demikian kan? Dulu aku juga memikirkan hal yang sama, tapi ternyata produk makeup harus diperhatikan. Akan lebih baik jika bisa menggunakan produk makeup yang dapat melindungi kulit khususnya untuk kulit para perempuan di iklim tropis.

Tentang Ristra

"Kosmetodermatologi pertamaCosmetodermatology adalah brand kecantikan asli Indonesia yang disesuaikan dengan iklim tropis di Indonesia.. Dengan melakukan tahap uji dermatologi (Dermatologically Tested) untuk setiap produk, Ristra berkomitmen menciptakan kulit wanita Indonesia yang cantik dan sehat kini hingga nanti."

"RISTRA Cosmetodermatology adalah pelopor produk make up yang telah teruji secara dermatologi (Dermatologically Tested), serta dilengkapi dengan kandungan Antioksidan dan UV Protection, sesuai untuk kulit di iklim tropis."

*credit: website ristra.co.id


Jadi, udah jelas ya? Semua produk Ristra telah teruji secara dermatologi. Produk-produknya juga dilengkapi kandungan Antioksidan dan UV Protection sesuai untuk iklim tropis.



Yuk, mulai bahas dari produk base makeup. Aku mencoba 3 produk base makeup Ristra yang meliputi:
1. Ristra Fluid Moisturizing Foundation

2. Ristra Triple Action Compact Powder (3 Natural Honey Beige)
3. Ristra Finishing Powder (3 Natural Honey Beige)


1. Ristra Fluid Moisturizing Foundation





Pada kemasan (botol dan kardus) Ristra Fluid Moisturizing Foundation yang aku dapat, tidak tertera nomor shade/ warna. Tapi karena warnanya cukup kuning dan pas banget di kulitku, mungkin nomor 3 kali ya? Ga tau juga sih, karena kulitku tidak terang tapi juga tidak terlalu gelap dan untuk kedua produk lainnya aku mendapatkan shade nomor 3. Yah.. anggap saja demikian.

Kemasan botolnya cukup kokoh, tebal, dan dilengkapi dengan tutup pump. Psst.. bisa di-lock juga. Jadi ga perlu takut tumpah karena tutup pump kepencet di dalam pouch. Sesuai yang tertulis dikemasan, Ristra Fluid Moisturizing Foundation mengandung vitamin E (antioksidan), pelembap, dan UV Protection. Cocok untuk semua jenis kulit.

Meski diklaim dengan 3 kandungan utama tersebut, aku tentunya tidak melewatkan rangkaian skincare sebelum makeup. Ga boleh terlena dengan keunggulan-keunggulan tersebut. Mencegah dan berantisipasi tentunya lebih baik, kan?

*KOCOK dulu sebelum dipakai

Teksturnya cair, sangat cair dan mudah di-blend. Mudah menyatu dengan kulit dan terasa ringan, bukan yang 'plek' tebel di kulit. Pas dipakai juga warnanya pas banget sm kulit aku. Oh iya, yang aku suka banget dengan Ristra Fluid Moisturizing Foundation ini adalah kulit aku terlihat jadi lebih sehat dan glowing (tapi back to matte finish saat diset/ dikunci dengan powder).

Coveragenya sheer to medium. Pas kok buat sehari-hari kalau butuh makeup natural atau bisa sedikit mengcover tapi ga mau terlalu berat.


2. Ristra Triple Action Compact Powder 
(3 Natural Honey Beige)







Kemasannya simpel tapi terlihat mewah. Ada kemasan refillnya juga, jadi kalau habis, bisa mengirit dengan beli kemasan refillnya aja deh. Klaimnya juga sama: mengandung vitamin E (antioksidan), pelembap, dan UV Protection. Cocok untuk semua jenis kulit.

Sadar/ ga sadar, kondisi kulit aku saat ini suka labil dan berubah dari yang kombinasi to berminyak, menjadi kombinasi to kering. Ga heran kalau beberapa waktu lalu aku merasa makeup rasanya ga nempel dan pori-pori jadi terlihat 'bangun' dan besar-besar. Belajar dari kesalahan, kulit yang kering harus set makeup dengan compact powder, supaya dapat mengunci dengan baik dan tidak membuat pori-pori jadi 'bangun'.

Setelah foundation teraplikasi dengan sempurna, aku set dengan Ristra Triple Action Compact Powder. Di tap perlahan-lahan di setiap sisi dan sudut. Benar-benar hanya di tap bukan di swipe atau digeser. Mulai dari tap tipis perlahan-lahan, saat lapisan pertama sudah merata, bisa ditambahkan lagi secukupnya. Hasilnya: matte banget dan menyatu banget di kulit wajahku, kayak second skin.

Ketahanannya gimana? Cukup amazed sih dengan produk ini. Ristra Triple Action Compact Powder bisa nahan minyak di wajah, bagus banget. Biasanya kalau udah seharian, wajahku biasa oily bahkan lengket dan aku males banget touch up makeup. Pas pakai Ristra Triple Action Compact Powder, ada sedikit oily tp ga berlebihan dan makin lama makeupnya makin nyatu banget di kulit. Pori-pori ga 'bangun' dan tersamarkan dengan baik.


3. Ristra Finishing Powder 
(3 Natural Honey Beige)





Kemasan Ristra Finishing Powder (3 Natural Honey Beige) seperti produk loose powder pada umumnya. Kemasan pot dengan lubang-lubang pada bagian dalam dan dilengkapi dengan spons. Uniknya, tutup Ristra Finishing Powder ini bisa dibuat untuk bercermin. Praktis kan?

Seperti yang aku bilang, aku kurang cocok menggunakan loose powder untuk set makeup. Makanya aku cenderung pakai loose powder saat tidak ingin berdandan alias tidak menggunakan foundation/bb cream/ sejenisnya. Loose powder ini seperti penyelamat saat ingin tampil bareface dengan tampilan yang matte.

Meski ketahanannya masih dibawah Ristra Triple Action Compact Powder, menurutku produk ini cukup oke untuk kamu yang ingin tampil natural dengan makeup yang ringan, lembut, tapi juga punya manfaat merawat kulit.



- - - - - -


Ristra Colorline Lipstick

Lanjut ke makeup dekoratif.

Aku mendapatkan 3 warna Ristra Colorline:
01 Peach Parfait
02 Ice Cocoa
03 Tea Rose



"Lipstick yang diperkaya dengan kandungan Antioksidan (Vitamin A & E) dan pelembap alami (Castor Oil, Carnauba dan Candelilla Wax), yang menutrisi dan melembapkan bibir. Dilengkapi dengan UV Filter yang melindungi bibir dari kerusakan akibat sinar UV."

Kemasannya? Terdiri dari kemasan transparan dan bermotif dot yang menggemaskan.

Warnanya cantik-cantik banget dan cukup soft. Teksturnya sangat creamy dan lembut. Saat diaplikasikan juga pigmented. Klaimnya, Ristra Colorline ini mengandung pH seimbang 4.5-5.5.




Regards,
CYNDA

No comments:

Post a Comment