Sunday, May 13, 2018

Menu Baru untuk Buka Puasa Bersama: Yu Shang Menu dari Gastromaquia


Ramadhan is coming!
Sebentar lagi bulan Ramadhan, tentunya seluruh umat muslim akan berpuasa. Nah, bulan puasa sering banget dijadikan sebagai momen untuk berkumpul, reuni, sambil berbuka puasa bersama. Kayak sambil menyelam minum air.

Kali ini aku mau membahas tentang salah satu restoran bergaya Spanyol yang ada di Jakarta, yaitu Gastromaquia. Seiring berjalannya waktu, restoran ini sedikit demi sedikit mengadaptasi menu Indonesia dan disesuaikan dengan periode momen-momen tertentu. Contohnya di bulan Ramadhan tahun 2018 ini, Gastromaquia meluncurkan menu baru untuk makan tengah. Penasaran, kan?

FYI, aku juga pernah membahas Gastromaquia secara general >> Gastromaquia: Restoran Autentik Spanyol di Jakarta




Berikut ini daftar Menu Ramadhan Gastromaquia di tahun 2018:



Ramadhan Yu Shang Menu
Menu ini menjadi menu unggulan Gastromaquia untuk bulan Ramadhan.
Yu Shang = Makan tengah yang artinya menu untuk dimakan beramai-ramai. Konsepnya cukup unik karena seluruh makanan disajikan dalam nampan yang diberi alas daun pisang. Tidak seperti tumpeng yang dimakan terpisah, Yu Shang Menu dimakan dengan cara mencampurkan semua makanan menjadi satu + dengan sambalnya. Kalau menurutku sih, proses pengadukan ini juga supaya adil. Jadi, ga berebutan lauk mana yang mau diambil lebih banyak. Hahaha.


 Yu Shang Menu sebelum diaduk


 Tuangkan 3 jenis sambal (tumis bawang, tumis cabai, tumis tomat) ke atas nasi sebagai langkah awal pengadukan


 Aduk semuanya hingga tercampur merata, kecuali lauk utama ikan/ayam


Selesai! Yu Shang Menu siap dimakan


Mungkin kamu akan berpikir bahwa tampilannya sangat kacau dan mengurangi selera makan. NO! BIG NO! Ini super enak banget mulai dari sambelnya bahkan ikan terinya terasa asin gurih, pedas, mirip tumpeng tapi ini lebih enak karena semua dicampur merata. Kalau dimakan pas lagi laper-lapernya dijamin ga akan bisa berhenti. Apalagi lauk utama ayam/ikannya juga berukuran cukup besar.

Porsi minimal 1 dalam nampan adalah 4 porsi. Seluruh lauk yang dicampur sudah termasuk dalam 1 porsi. Lauk yang bisa dipilih hanya ikan/ayam goreng tergantung selera. Oh iya, sambalnya cukup pedas untuk orang-orang yang tidak menyukai pedas tapi buat aku sih udah pas banget. Solusi kalau mau makan ramai-ramai = diskusi dulu dan yang suka pedas harus mengalah. Sambal bisa dimakan terpisah.

Aduk sendiri atau diadukin?
Bebas. Kalau ga mau repot, bisa minta diadukin. Tapi kalau pengen meracik sambal sendiri kamu juga bisa mengaduk Yu Shang Menu sesuai dengan keinginanmu.




Ramadhan Menu Gastromaquia:
Ada 6 menu baru yang dihadirkan. Keenam menu tersebut mencakup porsi perorangan atau porsi single. Kamu bisa memilih menu kesukaanmu untuk berbuka puasa nanti.

Menu yang aku coba beberapa waktu lalu ada 2, yaitu Soto ayam gastro with rice dan Chicken thigh with salad.


Soto ayam gastro with rice



Untuk sebuah menu soto ayam, porsi ini cukup banyak dan besar. Penyajiannya juga menarik dan cukup indah untuk dipandang. Isi dari sotonya juga cukup lengkap dan banyak. Untuk sambalnya benar-benar sambal cabai tok', tanpa garam, bawang, dan tomat. Jadi pedasnya terasa pedas asli yang tidak gurih di lidah tapi cocok untuk dimakan bersama soto. Untuk yang ga suka pedas sebaiknya tidak usah mencoba sambal ini ya!


Chicken thigh with salad



Menu ini cocok untuk penyuka ayam. Meski terlihat seperti daging dada ayam, sebenarnya menu ini merupakan daging ayam bagian paha. Namun, tulang tulang ayamnya sudah dilepaskan/ dipisah sehingga cukup memudahkan untuk dimakan. Rasa ayamnya cukup gurih, pedas, dan asin. Mungkin mirip kayak ayam panggang tapi yang rasanya lebih beragam, bukan sekadar ayam bakar kecap. Kentangnya juga enak dan asin (garam) serta saladnya menjadi penyeimbang dari rasa ayam yang gurih dan kentang yang asin.


My future 'Mas'. LOL




Menu Ramadhan Gastromaquia yang telah aku sebutkan dan aku lampirkan di atas semoga dapat membantu kamu mencari referensi menu buka puasa bersama ya! Menurutku, tempat dan menu makanan di Gastromaquia sangat recommended untuk acara buka puasa bersama. Oh iya, jangan lupa RESERVASI ya!

Lokasi: 
Jl. Ciniru I no. 1 Kebayoran Baru, Jakarta Selatan 12180, Indonesia
+62 21 293 050 91
info@gastromaquia.com

Opening Hours: 
Sunday — Thursday 11.00 - 22.00
Friday — Saturday 11.00 - 23.00


Terima kasih sudah membaca.


Regards,
CYNDA

No comments:

Post a Comment