Tuesday, November 21, 2017

Belanja Barang Branded [ Preloved Items ] di ADELSBRANDEDBAG


Let me say "Siapa sih yang ga mau punya tas dan sepatu branded?"

Untuk beberapa kalangan tas branded bukan hanya tentang pride, tapi tentang kebutuhan dan kepuasan saat mendapatkan tas impian. Pergerakan mode yang begitu cepat tentunya membuat tren fashion berubah dengan cepat pula dan dengan mudahnya tas impian terus berganti. Beberapa orang mungkin memilih untuk terus mengoleksi tas impian mereka. Namun, ketidaktelitian dalam merawat tas seringkali membuat koleksi mereka menjadi rusak termakan waktu.




Hal ini lah yang membuat Mba Marisa Tumbuan, founder Irresistible Bazaar sekaligus pemilik akun instagram @adelsbrandedbag untuk membuka peluang dalam jual beli barang preloved. Barang preloved disini bukan berarti barang bekas yang sudah usang atau sudah tidak layak pakai. Berbeda dengan barang bekas, barang preloved biasanya merupakan benda kesayangan pemilik atau benda yang masih sangat layak dipakai (misal: jarang digunakan) tapi si pemilik tidak menginginkannya lagi atau memutuskan untuk menjual agar bisa membeli barang lainnya.

Preloved: 
*layak pakai 
*dirawat dengan baik 
*memiliki kualitas yang baik 
*memiliki nilai jual yang baik 
*umumnya dijual dengan harga lebih rendah 




Beberapa waktu lalu, aku sempat berkunjung ke Adelsbrandedbag butik yang terletak di Dharmawangsa Square. Seperti yang dituturkan oleh Mba Marissa, awalnya usaha Adelsbrandedbag hanya berjalan via online dan dari mulut-ke-mulut saja. Informasi antar pertemanan tersebut ternyata terus menyebar dan membuat usaha jual-beli barang preloved ini banyak dicari dan banyak seller lainnya yang ingin bergabung. 

Mba Marissa menyadari bahwa menjual secara online dan antar pertemanan saja belum cukup. Melihat peluang yang cukup bagus dan minat yang tinggi dari masyarakat, Mba Marissa pun membuat Irresistible Bazaar, yaitu bazaar barang-barang preloved yang dilakukan secara offline untuk menjangkau masyarakat yang lebih luas. Selain itu, bazaar juga membuat masyarakat lebih nyaman untuk membeli karena mereka dapat melihat kondisi barang secara langsung.






Butik Adelsbrandedbag
Sukses dengan Irresistible Bazaar, Mba Marissa dan rekannya, Mba Febri, memutuskan untuk membuka butik, yaitu Adelsbrandedbag Boutique di Dharmawangsa Square lantai 1 unit 38. Diharapkan bahwa kehadiran butik ini dapat menjawab rasa penasaran dan keingintahuan masyarakat yang ingin membeli barang branded impian mereka dengan harga yang lebih rendah dari harga normal atau pun barang yang sudah tidak diproduksi lagi. Berbeda dengan Irresistible Bazaar yang hanya diselenggarakan pada waktu tertentu, butik ini dapat dikunjungi setiap hari, sepanjang tahun.

Selain usaha sepatu dan tas preloved milik Mba Marissa, Mba Febri juga turut berkontribusi dalam menciptakan koleksi pakaian hand painting. Terdiri dari pakaian ready to wear yang dilukis oleh Mba Febri (psst.. bisa custom juga lho!).  Usaha hand painting milik Mba Febri ini sudah dimulai sejak tahun 2012.


Quality Control 
Maraknya barang-barang palsu tentu menimbulkan kekhawatiran dan rasa ragu saat akan membeli barang branded secara online. Untuk menghindari adanya barang palsu yang diterima dari seller lain yang tergabung di Adelsbrandedbag, Mba Marissa pun tidak segan untuk mencari tahu background calon seller dan melihat sendiri brang-barang yang akan ia terima. Hal ini dilakukan agar Adelsbrandedbag terus dipercaya oleh pembeli maupun calon pembeli.


Penentuan Harga Barang Preloved
Tidak semua barang preloved dijual lebih rendah dari harga beli. Kondisi barang dan model juga memengaruhi harga jual. Semakin classic barangnya atau semakin vintage barangnya maka harganya cenderung stabil bahkan bisa naik dari harga saat dibeli pertama kali.






Tahun ini merupakan tahun ke-10 penyelenggaraan Irresistible Bazaar. 
Jangan sampai ketinggalan! 
Acara ini akan berlangsung mulai tanggal 22-26 November 2017 di Grand Indonesia.











No comments:

Post a Comment