Wednesday, June 14, 2017

Nafas Segar dan Bebas Bau Mulut Saat Puasa


Berpuasa di Bulan Ramadhan tentunya menjadi kewajian umat muslim. Demikian halnya dengan aku. Aku juga menjalani puasa di bulan Ramadhan. Menahan haus dan lapar selama kurang lebih 12- 13 jam. Namun, tidak mengonsumsi makanan dan minuman dalam waktu yang lama ternyata dapat memicu timbulnya bau mulut. Apalagi jika kamu pengguna behel seperti aku. Jika kebersihan mulut tidak dijaga dengan baik ditambah lagi dengan kondisi berpuasa, bisa-bisa bau mulut yang timbul semakin bertambah parah. Bukan hanya kamu saja yang merasa tidak nyaman, orang lain pun tentu merasa tidak nyaman untuk berinteraksi.

Jangan khawatir. Aku punya beberapa tips agar terhindar dari bau mulut dan nafas tetap segar selama berpuasa. Tips ini tentunya sangat dekat dengan aktivitas yang biasa kamu lakukan. Namun, tanpa kamu sadari sedikit perhatian dan tindakan lebih ternyata membawa banyak manfaat. Apa saja sih tips nafas tetap segar dan bebas bau mulut selama puasa?



1. Perbanyak konsumsi sayur dan buah

Mulailah untuk mengonsumsi sayur dan buah segar. Selain meminimalisir timbulnya bau mulut, sayur dan buah juga kaya akan vitamin yang baik untuk tubuh. Hindari mengonsumsi kopi, keju, dan bawang putih. Kopi dan keju dapat membuat mulut menjadi lebih kering, sedangkan bawang putih cenderung memiliki aroma yang sulit dihilangkan. 

2. Penuhi Kebutuhan Air Mineral/ Air Putih 

Sudah menjadi pengetahuan umum bahwa tubuh membutuhkan 8 gelas air mineral setiap harinya. Kamu bisa mulai mengatur dan membaginya saat sahur dan berbuka dengan takaran berikut: 2 gelas saat sahur, 2 gelas saat berbuka, dan 4 gelas di malam hari serta saat menjelang tidur. Air putih membantu mencegah terjadinya dehidrasi sehingga mencegah timbulnya bau mulut. 

3. Sikat Gigi Secara Teratur dan Menyeluruh 

Dua kali sehari adalah jumlah yang disarankan untuk menyikat gigi. Apalagi untuk pengguna behel sepertiku tentu butuh perhatian ekstra. Behel membuat makanan tersangkut dan meninggalkan sisa- sisa makanan jika tidak dibersihkan dengan baik. Selain itu, jangan lupa untuk membersihkan bagian lidah karena lidah juga menjadi sumber bakteri yang dapat menyebabkan bau mulut. Biasanya aku menyikat gigi dengan menggunakan Sensodyne Repair & Protect Whitening. Memakai behel membuat gigi menjadi kuning. So, aku membutuhkan pasta gigi dengan kandungan whitening. 




Sensodyne Repair & Protect Whitening juga ditujukan untuk para pemilik gigi sensitif. Formula Novamin dalam Sensodyne membantu membentuk kembali lapisan mineral gigi yang alami sehingga melindungi area gigi yang sensitif dan gigi tampak lebih putih. Oh iya, busa yang dihasilkan Sensodyne juga tidak sebanyak produk lainnya, lho.


4. Berkumur dengan Mouthwash 

Agar perlindungan mulut semakin maksimal, sempurnakan dengan berkumur menggunakan Sensodyne Mouthwash. Ya, menyikat gigi saja belum cukup membunuh bakteri hingga ke sela-sela terkecil yang tidak terjangkau oleh sikat gigi. Makanya aku selalu mengakhiri rutinitas membersihkan gigi dan mulut dengan Sensodyne Mouthwash. 

Sensodyne Mouthwash ini memberikan perlindungan untuk gigi sensitif. Formula fluoride juga membantu memperkuat gigi. Sensasi Cool Mint membantu menyegarkan nafas dan mulut. Agar mendapatkan hasil yang maksimal, gunakan secara rutin setelah menyikat gigi 2x sehari. Cara penggunaan: Kumur dengan 10ml* selama 1 menit dan buang. 




*Tutup botol Sensodyne Mouthwash juga berfungsi sebagai gelas ukur untuk berkumur. Ada takaran 10ml juga yang tertulis pada tutupnya. Gampang, kan? 

Aku sudah mencoba beberapa mouthwash, tapi mouthwash lain selalu menimbulkan rasa terbakar/ panas / perih yang berlebihan. Sehingga sulit untuk berkumur lebih lama. Sedangkan Sensodyne Mouthwash tidak menimbulkan rasa terbakar/ panas / perih, justru aroma cool mint lebih terasa saat berkumur. 

Nah, itu dia beberapa tips Ramadan untuk nafas segar dan bebas bau mulut selama puasa. Punya tips Ramadan seru lainnya dengan versi kamu? Yuk, ikut berbagi tips Ramadan bersama Sensodyne dan jadi bagian dari inspirasi Sensofriends lainnya. 

How to: 
1. Like dan follow akun media sosial Sensodyne Indonesia 
FB Fanpage : @SensodyneIndonesia 
Instagram : @SensodyneIndonesia 
Twitter : @GigiNgilu 

2. Sharing tips Ramadan versi kamu di akun media sosial (bebas di akun mana pun).
Jangan lupa tag Sensodyne Indonesia dan gunakan hashtag #SensodyneBerbagi #SensodyneID #ClozetteIDxSensodyneID 

3. Tag juga 5 orang teman kamu untuk berbagi tips Ramadan mereka 

Pssst.. kamu juga bisa berbagi tips sambil beramal, lho. Dengan join berbagi tips Ramadan bersama Sensodyne, otomatis kamu telah ikut mendonasikan Rp5000,- ke yayasan Difabel Mandiri Indonesia. Selain itu, kamu juga bisa berkesempatan memenangkan hadiah utama: Canon EOS M-10 dan puluhan parcel Ramadan setiap minggunya. Periode kontes ini berlangsung dari 25 Mei – 21 Juni. Info lebih lanjut, cek http://bit.ly/SensodyneBerbagi 

Good Luck!

3 comments:

  1. Nice review.
    Infonya bener" bermanfaat.
    Thank you

    ReplyDelete
  2. Aku juga sukak sekali memakai pasta gigi dari Sensodyne. Aku penasarn ingin mencoba Mouthwashnya. 😊

    ReplyDelete
  3. emang bener ka nafas bau itu ganggu banget dan gak cuma pas lagi puasa aja sih dan mouthwash emang bantu banget soalnya cairannya bisa ngebersihin kotoran sampai kesela gigi yang susah kejangkau sikat gigi dan bagian gigi paling belakang yang biasanya menyebabkan bau mulut ^^

    xoxo, Kartikaryani
    [www.kartikaryani.blogspot.com]

    ReplyDelete