Sunday, April 30, 2017

Kenal Lebih Jauh dengan Sistem Transportasi di Jepang



Saat memutuskan untuk traveling ke negara sakura tentu saja kamu harus mengetahui beberapa hal yang akan kamu gunakan. Salah satunya adalah transportasi. Sudah tahu transportasi apa saja yang bisa kamu gunakan untuk mempermudah traveling-mu? Ini dia 5 alat transportasi di Jepang:



1. Shinkansen



Sumber foto: spinjapan.net


Shinkansen merupakan kereta tercepat di dunia. Bahkan kecepatannya bisa mencapai 603km/jam atau setara dengan 167m/detik. Namun, kecepatan yang biasa digunakan oleh Shinkansen sebagai alat transportasi umum hanyalah 320km/jam. Contohnya: kamu hanya membutuhkan waktu 2 jam 20 menit untuk perjalanan dari Osaka ke Tokyo.



2. Subway



Sumber foto: funini.com


Kereta bawah tanah juga menjadi salah satu transportasi umum yang digunakan untuk menuju beberapa kota lain di Jepang. Beberapa kota tersebut diantaranya:  Tokyo, Osaka, Nagoya, Kyoto, Kobe dan bahkan di Fukuoka, Sapporo, Sendai dan Yokohama. Saat liburan di Jepang, subway dapat menjadi jawaban jika kamu menginginkan transportasi yang cepat dan nyaman daripada harus menempuh lalu lintas yang cukup padat.



3. Kereta lokal



Sumber foto: www.deepjapan.org


JR atau Japan Railway menjadi salah satu perusahaan terbesar yang menyediakan layanan utama untuk sebagian besar transportasi di Jepang. Salah satunya adalah kereta lokal yang sangat efisien. Jadwal kereta pun 98% tepat waktu meskipun terkadang ada penundaan yang tidak bisa dihindari.

Kereta lokal bisa kamu naiki dengan bebas jika kamu mempiliki Japan Rail Pass atau JR Pass. JR PASS adalah tiket khusus yang berlaku untuk wisatawan dari luar negeri yang mengunjungi Jepang untuk wisata. JR Pass merupakan kunci kenyamanan berwisata di Jepang. Namun, ada beberapa batasan, yaitu JR PASS baik Ordinary maupun Green tidak berlaku untuk kereta “NOZOMI” dan “MIZUHO” yaitu jalur Tokaido, Sanyo, dan Kyushu. JR PASS dapat dibeli di online travel agent, yaitu HIS Travel.


Sumber foto: www.his.com.my


HIS menyediakan layanan pembelian JR PASS. Kamu akan mendapat voucher yang nanti akan ditukarkan menjadi tiket fisik ketika sudah sampai di Jepang (note: kamu tidak dapat membelinya ketika sudah sampai di Jepang. Silahkan membeli sebelum kamu berangkat ke Jepang.). Selengkapnya mengenai info JR PASS, bisa kamu cek di sini. Kamu juga bisa booking tiket perjalananmu, pemesanan tiket pesawat, paket tour, dan hotelmelalui website khusus H.I.S yaitu, HISGO.


4. Bus


Sumber foto: wikimedia commons


Tiga transportasi diatas merupakan transportasi yang telah memiliki jalurnya masing-masing. Jika ingin menempuh jalur darat dan merasakah padatnya arus perkotaan Jepang, kamu bisa mencoba traveling dengan bus. Bus juga menyediakan rute dalam kota atau antar kota.


5. Taksi


Sumber foto: tax-free-shop.com


Transortasi ini bisa menjadi pilihan terakhir saat terdesak bahkan kamu bisa mencoretnya dari list transportasi yang perlu dicoba. Ya, biaya taksi memang sangat mahal. Oleh karena itu, aku tidak menganjurkanmu untuk naik taksi selama di Jepang.



#JAPAN #HIS #HISGO

3 comments:

  1. alat transfortasi di jepang memang cepat semua dan banyak pilihannya ya, mulai dari taxi, Shinkansen, bus, subway dan kereta..

    ReplyDelete
  2. aku pengen banget naek kereta Shinkansennya Jepang. Gmn rasanya ya naek kerta api tercepat di dunia dengan kecptn 603 km/jam . OMG 😨😨😨

    ReplyDelete
  3. Wahh informasinya lngkap bgt bisa jd acuan kalau mau liburan ke Jepang nih. Thanks for sharing Cynda

    ReplyDelete