Tuesday, December 6, 2016

Cobain Tren Rambut 'Underlight'


Siapa yang tergila-gila dengan perawatan rambut atau pergi ke salon? Jujur saja, aku cukup jarang ke salon. Biasanya untuk perawatan rambut, aku lebih mengandalkan dengan produk-produk drugstore dan melakukan perawatan sendiri di rumah. Memang tidak rutin dan hasil kurang maksimal, setidaknya menjadi hiburan atau 'me time' yang menyenangkan untuk diri sendiri.

Sejak bekerja di salah satu media, aku jadi lebih sering ke salon dan coba bermacam-macam perawatan. Salah satu salon yang sering aku kunjungi adalah Irwan Team. Mulai dari potong rambut dan Kerastase Ritual sudah pernah aku coba. Psst.. satu yang belum dan penasaran banget untuk dicoba: Coloring!




Seperti sebelumnya, aku berkesempatan untuk mengulas treatment atau perawatan di outlet terbaru Irwan Team yang berada di Pantai Indah Kapuk (PIK) Avenue. Aku mendapatkan treatment senilai 1juta rupiah dan akan aku gunakan untuk hair coloring.

Ini adalah kali pertama aku mewarnai rambut. Model 'underlight' menjadi pilihan. Selain sedang menjadi tren, underlight juga patut dicoba jika ingin mewarnai rambut namun tetap ingin mempertahankan sebagian rambut yang hitam alami. Rambutku sangat hitam as known as a virgin hair, jadi menurut Mas Julian (hair stylist) akan lebih baik jika rambutku di-bleaching terlebih dahulu. Warna magenta red pun menjadi pilihanku serta rekomendasi Mas Julian.




kira-kira seperti ini inspirasinya, tapi aku hanya akan menggunakan satu warna saja


Underlight yang aku maksud adalah hanya bagian dalam rambut saja yang diwarnai. Jika rambut diurai seperti biasa, orang hanya melihat rambut alami aku yang berwarna hitam. Proses bleaching memakan waktu hingga 1.5 jam. Itu pun tidak sampai berwarna kuning, hanya coklat atau jingga. Warna rambut yang hitam pekat membuat proses bleaching memakan waktu yang cukup lama. Aroma produk bleach ini lumayan menyengat dan aku jadi teringat bau kaporit. 








Rambut yang di-bleaching hanya sebatas kuping saja. Ada sedikit kecelakaan kecil, ternyata ada rambut yang tidak terbawa karena belahan rambut yang tidak rata. Sehingga harus di-bleaching kembali rambut yang masih hitam tersebut. Setelah warna rambut yang di-bleach sudah dirasa cukup, aku dipandu untuk ke ruang cuci. Rambutku dibilas agar bersih dari produk bleach dan siap untuk diwarnai. Ini dia hasil bleaching-nya! Bad news: bleaching membuat rambutku menjadi sangat kering.








Ini dia tahap yang ditunggu-tunggu, yaitu tahap pewarnaan. Setelah berdiskusi di awal, akhirnya dipilih warna magenta red yang akan terlihat kontras dengan warna rambutku yang hitam. Proses pewarnaan lebih singkat daripada proses bleaching. Produk yang digunakan adalah produk-produk dari L'OREAL Professional pada gambar dibawah ini. Keduanya dituang dalam satu wadah, lalu diaduk merata. Lanjut dengan diaplikasikan pada rambut.






Setelah bertanya-tanya sedikit, ada 2 merek cat rambut yang ditawarkan di Irwan Team, yaitu Majirouge dan INOA. Menurut stylist-ku, keduanya memiliki kualitas yang sama namun biasanya warna INOA akan lebih bright daripada Majirouge. Kedua merek tersebut merupakan produk dari L'OREAL Professional. So, balik lagi kepada selera warna yang diinginkan oleh pelanggan.

Setelah pewarnaan sudah dirasa cukup dan meresap dengan baik pada rambut, aku harus kembali ke ruang cuci. Rambut dibersihkan secara keseluruhan, kemudian diberi vitamin dan harus didiamkan beberapa saat. Lalu, dibilas kembali dengan menggunakan sampo khusus untuk rambut diwarnai. Capster juga menanyakan apakah aku ingin menggunakan conditioner atau tidak, tapi aku putuskan untuk sampo saja untuk mempersingkat waktu. 

Setiap produk atau treatment tambahan yang ditawarkan akan dikenai biaya. Jadi, pastikan sebagai kamu memikirkan kembali apakah kamu benar-benar membutuhkannya atau tidak. Balik lagi, treatment yang kamu jalani harus disesuaikan dengan budget-mu ya.

Selesai deh, tahap pencucian. Too excited! Untuk melihat tampilan baru pada rambutku. Ini dia hasilnya (setelah dikeringkan dan di blow biasa).






Hair Coloring selesai. Tidak lupa untuk berfoto dengan Mas Julian, hair stylist-ku di Irwan Team PIK Avenue. Total budget yang aku keluarkan cukup banyak. Sebenarnya untuk coloring hanya dikenakan biaya sekitar 500ribu tapi disesuaikan dengan panjang rambut serta biaya tambahan cuci dan blow. Ketiga treatment tersebut biasanya tidak mencapai 1juta rupiah. Harusnya, aku juga dikenakan harga demikian karena aku hanya mewarnai setengah rambut dan rambutku cukup pendek. Namun, ternyata bleaching-nya saja cukup mahal sehingga aku harus merogoh dompet lagi hingga 530ribu rupiah. 


*after two weeks*
warna magenta red sudah mulai pudar dan terlihat sedikit orange


Jika tidak harus membahas soal biaya, aku sangat puas dengan treatment yang aku dapatkan. Mulai dari resepsionis, hair stylist, dan capster lainnya sangat ramah. Mereka juga terlihat memberikan usaha dan kemampuan yang maksimal untuk menangani seluruh pelanggan. Thank you so much, Irwan Team Hair Design!


Regards,
Cynda

1 comment:

  1. Waaah keren kak! sama persis kayak rambut aku sampe ke warna warnanya, tapi aku warnain sendiri di rumah wkwk XD
    Btw salam kenal kak cynda, aku anak IPB 50 dan suka blogging juga! selalu baca blog kakak karena seruu dan lagi di masa-masa 'centil' jadi penasaran sama yang begini-begini hehe. Sukses terus kak :))

    ReplyDelete