Monday, October 3, 2016

Coba EMS Training di 20FIT


Topik kali ini akan berbeda dengan sebelumnya ya, girls.
Aku akan sedikit berbicara tentang olahraga dan hidup sehat. Beberapa waktu lalu Clozette Indonesia mengadakan kerjasama dengan 20FIT. Clozette dan 20FIT mengundang para anggota blogger babes yang terpilih untuk melakukan 1kali trial di 20FIT. As always, aku menulis review untuk di blog pribadi atau di Clozette Insider.




Kalau kalian belum menjadi anggota bloggerbabes, daftar di sini ya http://www.clozette.co.id/bloggerbabesasia. Kalian akan mendapat penawaran untuk datang ke gathering ataupun turut serta dalam program review yang ditawarkan.

Apa itu 20FIT?
20FIT adalah tempat olahraga yang menawarkan inovasi dengan teknologi EMS (Electro Muscle Stimulation) Training. Berolahraga di 20FIT tidak membutuhkan waktu lama seperti di tempat gym pada umumnya. Cukup dengan 20 menit dalam setiap pertemuan dan akan dipandu oleh instruktur terlatih.

20FIT merupakan sebuah bisnis kebugaran yang dimiliki oleh salah satu penyanyi Indonesia, Andien dan Bams (mantan vokalis Samsons), dan telah memiliki lebih dari 24 studio yang tersebar di seluruh Indonesia.

Kenapa hanya 20 menit?
Tadi sudah aku sebutkan bahwa 20FIT menggunakan teknologi EMS Training yang membantu menstimulasi otot secara bersamaan pada saat seseorang melakukan sebuah gerakan. Waktu 20menit yang kamu habiskan di 20FIT sama dengan berjam-jam kamu latihan keras di gym biasa. 

My Journey
Aku mendatangi 20FIT cabang Central Park. Oh ya, jika kamu ingin datang ke 20FIT jangan lupa untuk konfirmasi terlebih dahulu. Alat yang disediakan pada setiap cabang sangat terbatas. Jika kamu tidak konfirmasi terlebih dahulu bisa saja orang lain sudah melakukan booking di jam yang sama.




Saat masuk ke bangunan ruko mungil ini, aku disambut ramah oleh Mba Nisa dan Mas Steil. Sebelum memulai sesi, aku diminta untuk mengisi formulir yang berisi data pribadi maupun intensitas aku berolahraga dalam keseharian. Aku jarang berolahraga bahkan hampir tidak pernah dalam 1 tahun terakhir. Tapi aku masih hobi jalan kaki jauh, apalagi saat pulang kantor. Daripada macet-macetan, jalan kaki lebih cepat dan lebih sehat.

Setelah mengisi formulir, aku dipersilakan untuk berganti pakaian di ruang ganti. Aku dipinjamkan pakaian (atas+bawah), handuk kecil dan handuk besar, serta ruang loker untuk menyimpan barang-barang berharga).




Ganti pakaian selesai! Lanjut naik ke lantai 2 dan siap untuk latihan! Eits, ternyata aku tidak bisa latihan begitu saja. Mas Steil, trainer yang menangani aku akan melakukan analisis terlebih dahulu mengenai kondisi tubuhku saat ini. Aku berdiri di sebuah timbangan, setelah angka berat badan muncul, aku diminta untuk memegang tongkat atau alat yang menempel pada timbangan lalu berdiri tegap, menghadap ke depan, dan harus menunggu hingga proses analisa oleh alat selesai.

For your information, jika melihat jadwal di website akan tertulis 1 sesi menghabiskan waktu 40 menit. Nah, perhitungan 40 menit ini adalah 20 menit untuk EMS Training dan 20 menit lainnya terhitung mulai dari lama persiapan dan pasca training.




Seriously, aku amazed banget sama fasilitas dan pelayanan 20FIT. Butuh waktu sekitar 2-5 menit untuk menunggu print out hasil analisis tubuhku keluar. Peran trainer bukan hanya melatih, tapi juga menjelaskan dengan detail kondisi tubuh dan latihan apa yang harus dijalankan.

Hasil analisa? Bisa ditebak kok kalau kalian tahu persis ukuran tubuhku. Haha. Overall, mulai dari massa otot, lemak, air dan ukuran lainnya, aku berada pada posisi underweight. Semua serba kurang tapi ada 1 yang sesuai dengan standar, yaitu lingkar panggul. Metabolisme tubuhku juga terbilang cukup baik karena aku cukup banyak bergerak dalam keseharian.




Menurut Mas Steil, aku harus menambah massa otot sebanyak 8kg (what??!) agar mencapai berat tubuh yang ideal. Menambah massa otot bisa dilakukan dengan latihan rutin. Perbanyak makan protein dan berolahraga akan menambah berat badanku perlahan dan sesuai dengan proporsi yang ada, Jadi, ga akan ada yang namanya gemuk di bagian paha atau perut saja, semuanya akan seimbang dan proporsional jika dilakukan dengan benar.

Sebelum memakai alat EMS Training, Mas Steil pun meminta aku untuk menunggu sembari ia menyiapkan Miha Bodytec yang akan aku kenakan. Ia menyemprotkan sebuah cairan pada Miha Bodytec yang berfungsi untuk menstimulasi kinerja otot tubuh. Miha Bodytec terbagi dalam beberapa bagian dan dikenakan pada paha, bokong, bagian tubuh (perut, dada,punggung bawah, punggung atas) dan lengan atas.




Cairan yang disemprotkan berguna untuk membantu Miha Bodytec menstimulus otot-otot secara langsung. Makanya, saat menggunakan alat ini, akan terasa sedikit basah dan dingin. Saat memakai alat ini, Mas Steil sampai geleng-geleng kepala karena ukuran badanku terlalu kecil. Bahkan saat training berlangsung alat stimulus di bagian tangan melorot terus. :p

Sebelum mulai latihan dengan gerakan-gerakan yang dipandu oleh Mas Steil. Aku diberi stimulus aliran listrik yang terasa seperti getaran pada setiap bagian tubuh yang memakai Miha Bodytec. Pada tahap inilah menjadi penilaian seberapa kuat atau kesanggupanku menerima aliran listrik tersebut. Setiap orang akan menerima kekuatan aliran listrik yang berbeda sesuai dengan kesanggupan masing-masing.




Latihan dimulai! Mas Steil mengawali latihan dengan memberikan gerakan squad. Gerakan ini mungkin terlihat mudah hingga aku merasakan getaran dari aliran listrik bersamaan dengan gerakan squad tersebut. Kemudian dilanjutkan dengan beberapa gerakan simpel lainnya. Jujur saja, latihan ini terasa berat karena aku menerima stimulus pada titik-titik otot yang membuat tubuhku sangat berkeringat dalam waktu 20 menit. Rasanya seperti latihan berjam-jam!




Pada 5 menit terakhir, Mas Steil mengatakan bahwa latihan sudah selesai dan aku perlu melakukan relaksasi kembali. Relaksasi ini dilakukan dengan memberi stimulus aliran listrik kembali sesuai dengan kemampuanku untuk menerimanya.

Selesai sudah training pertamaku di 20FIT bersama Mas Steil. Menyenangkan sekali dilatih dengan trainer yang sangat ramah dan memahami kesulitanku yang notabene jarang berolahraga. Aku kembali berganti pakaian sekaligus membersihkan diri (re: mandi). Oh ya, untuk kamu yang berminat untuk mencoba 20FIT, kamu hanya perlu membawa diri, pakaian dalam, dan tentu saja uang pendaftaran. Hehe.









Fasilitas disini cukup lengkap. Aku pun tidak perlu membawa handuk dan alat mandi. Semuanya sudah disediakan oleh 20FIT termasuk sabun, sampo, lotion dan hair dryer. Kamar mandi yang tersedia juga sangat bersih dan nyaman. 

Aku sangat tertarik untuk olahraga dengan 20FIT. Ketagihan! Namun, mengingat harganya yang tidak murah mungkin aku akan menabung terlebih dahulu sebelum mendaftar. Hehe. 20FIT tidak memakai metode membership, biaya yang dikenakan pun sekitar 400-500ribu per visit. Cukup mahal jika dibandingkan dengan tempat gym lain. Menurutku sih harga yang ditawarkan sangat sebanding dengan latihan yang bisa dilakukan dalam waktu singkat. Kalau kamu, tertarik untuk bergabung di 20FIT?

No comments:

Post a Comment