Sunday, May 22, 2016

Yuk, Belajar Makeup bersama NYX dan Barry Ritonga!

My bad habit!
Pekerjaanku memang sangat berkaitan dengan kegiatan fashion dan beauty Content Writer. Terkadang jadi terasa lelah jika harus membuat tulisan serupa sebanyak 2 kali dengan angle yang berbeda. Maaf ya..

Sampai akhirnya aku mendaftarkan diri di acara NYX Beauty Class yang diselenggarakan pada 21 Mei 2016 di Debenhams, Senayan City, Jakarta Selatan. Acara ini dimulai tepat pukul 17.00 WIB.


Sumber foto: NYX Indonesia


Acara dimulai.
NYX membuka acara dengan mengkonfirmasi bahwa NYX Indonesia resmi hadir di bawah naungan L'Oreal. Pada acara ini NYX menghadirkan Barry Ritonga, MUA Professional NYX yang akan melakukan demo makeup di hadapan para peserta. Tema makeup yang dibawakan adalah Wonderlust yang terinspirasi dari gaya-gaya boho atau bohemian yang seru di Festival Musik Coachella di Amerika.

Lia, salah satu peserta mengajukan diri sebagai volunteer yang akan di-makeup oleh Barry. Pada demo makeup ini Barry lebih menekankan pada makeup flawless dan tahan lama. Berikut ini langkah-langkah serta tips&trick yang diberikan oleh Barry kepada para peserta:


Sumber foto: NYX Indonesia


1. Moisturizer is a must!
Sebelum ber-makeup, pastikan wajah telah bersih dari kotoran dan gunakan moisturizer untuk melembabkan kulit.

2. Primer
Aplikasikan primer agar wajah siap layaknya kanvas halus untuk ditorehkan warna dan gambar. NYX memiliki 2 jenis primer, yaitu Pore Filler dan Shine Killer.
Pore Filler: Untuk kamu yang ingin hasil makeup lebih dewy dan berfungsi untuk menutup pori-pori.
Shine Killer: Untuk kamu yang memiliki masalah dengan kulit berminyak. Produk ini menahan keluarnya minyak berlebihan pada wajah.


Sumber foto: ebay.com


3. Semprotkan setting spray untuk mengunci primer
Biasanya, Barry selalu menyemprotkan sebanyak 4 kali dengan membentuk X dan Y pada wajah,

5. Aplikasi foundation
Jangan pernah sekalipun mencocokkan warna foundation di punggung tangan tapi di bagian rahang dan leher. 

"Warna kulit bisa saja berubah karena faktor cuaca, polusi, hormon dan gen seseorang. Tidak menutup kemungkinan kulit bisa menjadi lebih gelap. So, belilah 2 foundation dengan warna 1 tone lebih terang dan 1 tone lebih gelap dari warna kulit. Hal ini untuk menghindari dan mengatasi kemungkinan kamu mengalami penurunan atau  kenaikan tone kulit", tutur Barry.

Tips: Aplikasikan foundation dengan teknik buffing (memutar) agar foundation tidak terlihat bergaris. Gerakan memutar akan membuat foundation lebih masuk ke pori-pori dan lebih flawless.

Sumber foto: cynda


3. Aplikasikan blush on cream. 
Barry menggunakan blush on dalam agar blush on lebih awet. Blush on powder sangat mudah hilang dan pudar sehingga harus didukung dengan pondasi blush on dalam dengan menggunakan blush on cream.
Tips: Aplikasikan dengan cara di tap di bagian atas cheekbone agar terlihat lifting.

4. Mengambil essence oil dengan tisu.
Produk liquid ataupun cream pasti memiliki kandungan minyak. Barry selalu mengambil essence oil atau kelebihan minyak dari produk dengan melakukan gerakan tap dengan tisu. 

5. Set makeup dengan loose powder
Mengapa harus bedak tabur? Aplikasi bedak tabur dengan brush ini akan membantu mengisi pori-pori dan me-set foundation. Sebaiknya bedak tabur diaplikasikan dengan cara di tap, bukan di-buffing agar tidak mengubah base makeup.

6. Aplikasikan setting spray
Ulangi dengan membentuk X dan T.

Sumber foto: tokopedia.com


7. Compact powder
Biasanya compact powder disajikan dengan spons tersendiri. Namun, Barry selalu mengaplikasikan compact powder dengan brush dan teknik buffing. Hal ini membuat makeup lebih flawless dan tahan lama.

8. Aplikasikan setting spray.
Ulangi.

9. Makeup mata dan alis
Tema wonderlust ini adalah tema gaya boho yang seru dan menyenangkan. Barry pun menggunakan warna soft seperti warna2 coklat untuk eyeshadow dan warna biru untuk bagian waterline bawah. Lembut tetapi stunning.


Sumber foto: unifiedcosmetics.com



Cara menghindari creasing di bawah mata?
Menurut Barry, untuk menghindari creasing, kurangi penggunaan produk pada area tersebut. Cukup pilih salah satu, concealer atau foundation agar tidak crease dan tetap terlihat flawless.

Cara membentuk wing liner?
Aplikasikan dari bagian belakang atau sudut mata luar. Untuk mempermudah, kamu bisa menarik bagian luar mata agar terlihat lurus dan lebih mudah saat mengaplikasikan wing eyeliner.


10. Lipstick
Barry menggunakan warna nude karena pada bagian mata sudah menggunakan warna biru. Hal ini untuk menyeimbangkan makeup dan tidak terlihat berlebihan. 
Tips: Jika kamu ingin bibir terlihat lebih tebal, kamu bisa mengaplikasikan lip liner di bagian luar garis bibir. Namun, jika tidak ingin terlihat palsu, kamu bisa mengaplikasikan concealer terang di bagian luar garis bibir dan highliter pada bibir.


Makeup Result!
Sumber foto: NYX Indonesia


Thankyou Barry! Awesome! Ga pelit ilmu dan sangat informatif!


Regards,
Cynda Adissa

No comments:

Post a Comment