Tuesday, November 3, 2015

Novel Review: DILAN #2

Setelah beberapa waktu lalu aku menulis review tentang DILAN, aku mau review lagi DILAN #2. Yap! Novel DILAN ini ada edisi ke-2nya. Cover novel yang berwarna cokelat ini memberikan perbedaan pada novel pertama. Selain itu, ada karikatur sosok Milea Adnan Husein pada cover-nya.




DILAN #2 


Dia adalah Dilanku tahun 1991...



Pada novel pertama, cerita ditutup dengan resminya hubungan Milea dengan Dilan. Mereka berhasil jadian di warung Bi Eem dengan pernyataan bermaterai juga, lho! Unik ya?!

Novel kedua, menceritakan kisah dan romantisme mereka berdua. Banyak konflik juga yang terjadi. Seperti banyak orang ketiga yang muncul dan mau dengan Milea, seperti Yoga dan Pak Dedi. Aku bacanya kesal juga sih, lebih senang kalau hubungan Milea dan Dilan baik-baik saja. Haha. Kemudian, Dilan yang ditahan polisi dan dipecat dari sekolah. Ada juga kejadian meninggalnya Akew karena dikeroyok oleh Geng Motor.

Jujur, novel kedua lebih kompleks. Menurutku, Milea digambarkan terlalu emosional dan mulai mengatur2 Dilan. Tujuan Milea baik, ingin mengubah Dilan dan menjaga Dilan dari bahaya Geng Motor. Saat itu, Dilan sering sekali berantem dan berkumpul dengan teman-teman geng motornya. Tokoh Milea juga sangat mendominasi alur cerita. Aku jadi agak bosan membacanya, lebih lucu dan jenaka kisah di novel yang pertama. (in my opinion)

Tapi, bisa saja kamu berbeda pendapat denganku. Kalau kamu penasaran jangan lupa ya baca novelnya! Share juga pendapat kamu tentang DILAN #2 pada kolom komentar di bawah ini ya.

Regards,
Cynda

No comments:

Post a Comment